Bolehkah Isbal?

✏ Ustadz Farid Nu'man

πŸŒΏπŸŒΊπŸπŸŒ»πŸ€πŸ„πŸŒΈπŸŒ·πŸŒΉ

Pertanyaan:

πŸ“•πŸ”΄Dari Ibnu Umar ra berkata: Nabi SAW bersabda, "Barang siapa menurunkan kainnya dibawah mata kaki karena sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya dengan pandangan rahmat pada hari kiamat"
Maka Abubakar ra bertanya, "Ya, Rasulullah, kainku selalu turun kebawah mata kaki, kecuali jika kujaga benar-benar" Nabi SAW bersabda, "Engkau tidak berbuat itu karena sombong" 
(HR. Bukhari & Muslim)

Pertanyaannya : jadi, apakah dibolehkan tdk isbal, jika itu dilakukan krn tidak sombong?

πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

Sering kita melihat sesama aktifis Islam saling serang hanya karena perselisihan pemahaman fiqih semata, termasuk isbal (pelakunya disebut musbil) ini. Biasanya sikap keras dilancarkan oleh pihak yang memahami bahwa isbal itu haram walaupun tanpa rasa sombong. Sementara pihak yang diserang pun tentunya memberikan pembelaan dengan berbagai hujjah yang mereka miliki. Akhirnya, bukan masalah ini saja dan ini bukan yang terakhir, para aktifis Islam berputar-putar pada masalah yang memang sejak lama para ulama berselisih, mereka hanyalah melakukan siaran ulang saja. Sementara, banyak amal-amal pokok dan produktif menjadi tertinggal.


πŸŒΏπŸŒΊπŸπŸ„πŸŒΈπŸŒ»πŸŒ·πŸŒΉ 

Dipersembahkam oleh: 
www.iman-islam.com 

πŸ’ΌSebarkan! Raih Bahagia...

0 Response to "Bolehkah Isbal?"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI