Kitab Ath Thaharah (bersuci) (4) - Bab Al Miyah (Tentang Air)

Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.

Hadits 4:


وَلِلْبَيْهَقِيِّ: - اَلْمَاءُ طَاهِرٌ إِلَّا إِنْ تَغَيَّرَ رِيحُهُ, أَوْ طَعْمُهُ, أَوْ لَوْنُهُ; بِنَجَاسَةٍ تَحْدُثُ فِيه


                Dalam riwayat Imam Al Baihaqi: “Air itu suci, kecuali telah berubah aromanya, rasanya, dan warnanya, karena jatuhnya najis padanya.”


Takhrij Hadits:


          Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 1159, dari Abu Umamah Al Baahili juga


Status Hadits:


         Imam Ad Daruquthni mengatakan: “Hadits ini tidak kuat.” (Subulus Salam, 1/19)

          Syaikh Abdul Aziz bin Marzuq Ath Tharifi mengatakan: “Tidak shahih dari nabi.” (Syarh Bulugh Al Maram, Hal. 33)


Hadits ini dhaif karena dalam sanadnya terdapat Baqiyah bin Al Walid seorang yang dikenal sebagai mudallis (suka menggelapkan sanad dan/atau matan), dan dia meriwayatkan secara ‘an’anah (yaitu hadits yang diriwayatkan dengan kata ‘an fulan (dari fulan), yang menunjukkan keterputusan sanadnya). (Lihat Bulughul Maram, Hal. 4, cat kaki No. 3. Maktabah Al Misykah)


Kandungan hadits:


1.       Tentang Imam Al Baihaqi Rahimahullah. Berkata Imam Ash Shan’aniRahimahullah:


هو: الحافظ العلامة شيخ خراسان، أبو بكر أحمد بن الحسين، له التصانيف التي لم يسبق إلى مثلها: كان زاهداً ورعاً تقياً، ارتحل إلى الحجاز والعراق. قال الذهبي: تاليفه تقارب ألف جزء


                Di a adalah seorang  Al Haafizh Al ‘Allamah (luas ilmunya), seorang syaikh (guru) di Khurasan. Namanya adalah Abu Bakar Ahmad bin Al Husain, memiliki banyak karya yang belum ada  seperti karyanya. Dia seorang yang zuhud, wara’, dan taqwa. Melakukan perjalanan ke Hijaz dan Iraq. Berkata Adz Dzahabi: “Karya-karyanya mendekati 1000 juz.”(Subulus Salam, 1/18)


2.       Hadits ini secara makna sama dengan hadits ketiga, tetapi juga sama dhaifnya. Oleh karenanya tidaklah berhujjah dengan hadits ini, tetapi berhujjah dengan ijma’ sebagaimana penjelasan sebelumnya.

http://www.iman-islam.com/2016/02/kitab-ath-thaharah-bersuci-3-bab-al.html?m=1

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

0 Response to "Kitab Ath Thaharah (bersuci) (4) - Bab Al Miyah (Tentang Air) "

Post a Comment

NASEHAT HARI INI