Ingin Mengerjakan Sesuatu Dengan Usaha Terbaik? Mutlak Seorang Pemimpin Harus Turun Memberi Teladan!

Pemateri: Ust. AGUNG WASPODO, SE MPP

Pengepungan Kota Buda Tahun 1541

Pengepungan kota Buda pada tahun 1541 ini berakhir dengan dikuasainya kota tersebut oleh sultan Turki Utsmani yg sedang dipegang oleh Suleiman Kanuni, atau lebih populer di Barat dengan istilah Suleiman the Magnificent. Pertempuran ini adalah bagian dari perang antara Khilafah Turki Utsmani dan Hungaria. Periodenya termasuk ke dalam Perang Kecil di Hungaria (the Little War in Hungary).

Pada mulanya, terdapat pasukan multi nasional di bawah pimpinan Wilhelm von Roggendorf yg ditugaskan utk menginvasi wilayah Hungaria. Mereka datang untuk memaksakan kehendak atas John Zápolya yg memimpin Hungaria sebagai wilayah-ketundukan (vassal) Turki Utsmani.

Ketika ia wafat pada tahun 1540, raja yg baru yaitu John II Sigismund Zápolya, anaknya sendiri, masih sangat belia sehingga kekuasaan diperankan oleh ibunya yg bernama Isabella Jagiellon dan menteri senior George Martinuzzi. Sementara itu sultan Suleiman I Kanuni dapat menerima suksesi tersebut dengan syarat Hungaria tetap membayar upeti ketundukkannya setiap tahun.

Tetapi, kondisi ini tidak dapat diterima oleh kerajaan Habsburg sehingga Raja Ferdinand mengirimkan 50.000 pasukannya di bawah kepemimpinan Wilhelm von Roggendorf. Pasukan yg besar ini mengepung kota Buda pada musim panas tahun 1541. Karena kurangnya persiapan dan pengelolaan dari pihak koalisi tersebut mengakibatkan beberapa serbuan gagal dan jatuh korban yg tidak sedikit sebelum kota jatuh ke tangan mereka.

Sultan Suleiman Kanuni memimpin langsung balatentara pembebasan yang terdori dari 6.362 pasukan khusus Janisari. Pada tanggal 21 Agustus balatentara ini sampai ke Buda dan segera mengepung kota tsb. Untuk memutus kepungan maka Roggendorf memutuskan utk menyerbu lebih dahulu sehingga terjadilah pertempuran di luar kota melawan pasukan Turki Utsmani. Dalam pertempuran tsb pasukan Habsburg mengalami kekalahan telak dengan korban sekitar 7.000 baik yg gugur di medan perang maupun yg tenggelam ketika menyeberang Sungai Danube. Roggendorf sendiri terluka dan gugur 2 hari kemudian.

Setelah itu kota Buda takluk kepada pasukan Turki Utsmani dan sebuah pukulan terhadap prestise Raja Ferdinand dari Austria. Kekalahan pertempuran serta dikuasainya kota Buda menyebabkan dikuasainya Hungaria bagian tengah oleh Turki Utsmani sekitar 150 tahun lamanya. Sebagian sejarawan menyandingkannya dengan kekealahan Hungaria di Pertempuran Mohaçs 1526.

Mendengar kekalahan kakaknya di Buda, Raja Charles yg baru tiba di Genoa langsung menyiapkan ekspedisi pembalasan namun ke arah kota Tripoli di pesisir Afrika Utara; ekspedisi militer inipun mengalami kegagalan. Raja Ferdinand mencoba sekali lagi merebut kota Buda, namun kembali ia dikalahkan oleh Turki Utsmani di Pertempuran Pest 1542.

Agung Waspodo, mengagumi betapa gigihnya para sultan Turki Utsmani akan tujuan penguasaan seluruh Balkan.

Depok, 31 Juli 2015, menjelang tengah hari.. 654 tahun kemudian, lebih cepat satu hari.

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

Sebarkan! Raih pahala...